Ziarah Kubur Waktu
hari Raya
Mufti al-Azhar, Kairo, memperbolehkan
ziarah seperti ini:
وَمِنْ هُنَا نَعْلَمُ أَنَّ زِيَارَةَ
النَّاسِ لِلْمَقَابِرِ عَقِبَ صَلَاةِ الْعِيْدِ إِنْ كَانَتْ لِلْمَوْعِظَةِ
وَتَذَكُّرِ مَنْ مَاتُوْا وَكَانُوْا مَعَهُمْ فِى الْأَعْيَادِ يُنَعَّمُوْنَ
بِحَيَاتِهِمْ ، وَطَلَبِ الرَّحْمَةِ لَهُمْ بِالدُّعَاءِ فَلَا بَأْسَ بِذَلِكَ
أَبَدًا … (فتاوى الأزهر – ج 8 / ص 391)
“Dari sini kita mengetahui bahwa umat
Islam melakukan ziarah kubur setelah hari raya, jika untuk menjadi pelajaran
dan mengingat orang yang telah mati, yang dahulu mereka bersamanya saat hari
raya dan merasa senang dengan kehidupannya, serta memintakan rahmat dan doa
untuk mereka, maka hukumnya boleh, selamanya…” (Fatawa al-Azhar, 8/391)
Sebagian ulama Salaf dari Tabiin pun
juga telah melakukan ziarah setelah hari raya:
عَنْ عَطَاءِ بْنِ السَّائِبِ قَالَ
صَلَّيْتُ الْفَجْرَ فِي هَذَا الْمَسْجِدِ فِي يَوْمِ الْفِطْرِ فَإِذَا أَبُوْ
عَبْدِ الرَّحْمَنِ وَعَبْدُ اللهِ بْنُ مَعْقِلٍ فَلَمَّا قَضَيْنَا الصَّلَاةَ
خَرَجَا وَخَرَجْتُ مَعَهُمَا إِلَى الْجَبَانَةِ. (4) مصنف ابن أبي شيبة – (ج 2 /
ص 70)
“Dari Atha’ bin Saib ia berkata:
“Saya salat Subuh di masjid ini di hari raya fitri, ternyata bertemu Abu
Abdirrahman dan Abdullah bin Ma’qil. Setelah kami melakukan salat, keduanya
keluar, saya juga keluar bersamanya, menuju ke kuburan” (Mushannaf Ibni Abi
Syaibah, 1/70)
ZIARAH KUBUR PADA WAKTU/HARI TERTENTU
1.
عن محمد بن إبراهيم قال: كان النبي صلى الله عليه وسلم يأتي قبور الشهداء على رأس كل حول فيقول:”السلام عليكم بما صبرتم فنعم عقبى الدار”، وأبو بكر وعمر وعثمان
عن محمد بن إبراهيم قال: كان النبي صلى الله عليه وسلم يأتي قبور الشهداء على رأس كل حول فيقول:”السلام عليكم بما صبرتم فنعم عقبى الدار”، وأبو بكر وعمر وعثمان
“Muhammad bin Ibrahim berkata: “Nabi
shallallahu ‘alaihi wasallam selalu mendatangi makam para syuhada’ setiap
tahun, lalu berkata: “Salam sejahtera semoga buat kalian sebab kesabaran
kalian. Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu.” Hal ini juga dilakukan
oleh Abu Bakar, Umar dan Utsman.
(HR. al-Thabari dalam Tafsir-nya
[20345], dan Ibnu Katsir dalam Tafsir-nya juz 4 hlm 453).
Hadits di atas juga disebutkan oleh
al-Hafizh Jalaluddin as-Suyuthi dalam Syarh al-Shudur hlm 185, dan ditentukan
bahwa makam Syuhada yang diziarahi setiap oleh Nabi shallallahu ‘alaihi
wasallam adalah Syuhada peperangan Uhud. Hadits ini dapat dijadikan dalil,
tentang tradisi haul kematian setiap tahun.
2. Atsar Sayyidah Fathimah
radhiyallahu ‘anha
عن محمد بن علي قال كانت فاطمة بنت
رسول الله صلى الله عليه و سلم تزور قبر حمزة كل جمعة
“Muhammad al-Baqir bin Ali Zainal
Abidin berkata: “Fathimah putrid Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam selalu
berziarah ke makam Hamzah setiap hari Jum’at.”
(HR. Abdurrazzaq dalam al-Mushannaf
[6713]).
3. عن الحسين بن علي : أن فاطمة بنت
النبي صلى الله عليه و سلم كانت تزور قبر عمها حمزة كل جمعة فتصلي و تبكي عنده هذا
الحديث رواته عن آخرهم ثقات
“Al-Husain bin Ali berkata: “Fathimah
putri Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam selalu berziarah ke makam pamannya,
Hamzah setiap hari Jum’at, lalu menunaikan shalat dan menangis di sampingnya.”
(HR. al-Hakim dalam al-Mustadrak
[4319], al-Baihaqi dalam al-Sunan al-Kubra [7000]).
4. Atsar Ibnu Abbas radhiyallahu
‘anhuma:
عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ حَدِّثْ
النَّاسَ كُلَّ جُمُعَةٍ مَرَّةً فَإِنْ أَبَيْتَ فَمَرَّتَيْنِ فَإِنْ أَكْثَرْتَ
فَثَلَاثَ مِرَارٍ وَلا تُمِلَّ النَّاسَ هَذَا الْقُرْآنَ. رواه البخاري.
Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma
berkata: “Sampaikanlah hadits kepada manusia setiap hari Jum’at. Jika kamu
tidak mau, maka lakukan dua kali dalam sepekan. Jika masih kurang banyak, maka
tiga kali dalam sepekan. Jangan kamu buat orang-orang itu bosan kepada
al-Qur’an ini.
(HR. al-Bukhari [6337]).
No comments:
Post a Comment